Monday, December 20, 2010

MUG - Perusahaan Penipun Mencari Mangsa

Postingan ini saya maksudkan untuk memberi peringatan kepada para pencari kerja, yang membaca lowongan iklan baik dari surat kabar, internet maupun tabloid. Harap sangat berhati-hati bila melihat iklan lowongan yang sangat impresif, bombastis tapi tidak realistis. Bisa jadi ujung-ujungnya adalah jeratan atau bahkan penipuan.

Berawal dari niatan mencari kegiatan mengisi waktu luang yang bisa menghasilkan dan menambah $$, suatu hari di hari sabtu, iseng2 beli Kompas. Biasanya kalau hari sabtu, Kompas akan penuh dengan info bisnis, dari lowongan pekerjaan sampai tawaran bisnis yang beraneka ragam.

Setelah membolak-balik halaman iklan, nemu juga beberapa iklan baris yang cukup menarik. Hebatnya, iklan tersebut ternyata tidak cuma satu, tapi ada belasan yang isinya bisa dibilang sama persis. Hanya kontak persoannya beda-beda.

Salah satu bunyi iklannya begini  ( tadinya mau di capture, tapi di foto terlalu kecil dan scanner lagi rusak ) :   

"Acc,Adm,BM,Gdg,HRD,SPV,SMU/K-S2,17-61thn,inc1.7-6.7jt,SMS,Nm,Usia,Pend,Ibu Hxxx : 085710396xxx lsgn krj/tdk kont."

Masih ada banyak lagi iklan sejenis yang isinya hampir sama persis. Iseng2 saya coba sms ke nomor 085693500xxx  yang di cantumkan.

SMS saya           : Slmt siang, saya fulan, mau tanya bgmn cara melamar low yg ibu iklankan di kompas?
Balasan               : Nama, alamat, usia, pendidikan ? Balas!
SMS Saya          : Fulan, Tangerang, 30, S1

Berikutnya sms balasan yang saya terima sungguh sangat di luar dugaan :

Balasan              :  Terima kasih! anda sudah melamar di perusahaan kami dan anda mendapat prioritas utama dari pelamar lain dan sudah di terima Ibu Hxxx, dan diharapkan untuk datang wawancara ke PT. Mitra UG (non agency/Yayasan/Outsourcing) lowongan kerja utk RCP,ADM,HRD,SPV (bukan sales lapangan atau marketing lapangan/MLM). Ktr Pusat Jl. Dr. Saharjo No. 102 A Lt.3. Manggarai Jaksel hari Senin 20 dec 2010 jam 09.00 s/d 15.00 langsung dengan Ibu Rxxx (tanpa tes langsung kerja ) Rute : dari patung pancoran atau dari terminal manggarai naik metromini 62 turun dekat martabak kubang atau restoran padang sederhana / 100 mtr dari RS. Budi Jaya. Anda dtng bawa lamaran lengkap. Nb: Jika berhalangan segera konfirmasi. Terima kasih.

What ?!!! Di jaman edan kaya gini, gampang amat cari kerjaan ? Baru SMS doank udah langsung di terima ? Tanpa tes langsung kerja ? Jadi buat apa ada jadwal wawancara?

Karena penasaran saya coba sms ke no pemasang iklan lain yang sejenis, kali ini ke no 085710396xxx.

SMS Saya          : Fulan, Tangerang, 30, S1

Balasan yang saya terima sama ajaibnya dengan SMS saya yang pertama .

Balasan              : Pemberitahuan kepada Anda, bahwa data anda lulus dalam seleksi, No reg: 05/ADM/XII/10, dan wajib interview kerja (staf Adm, HRD,Gdng) Senin, 20 Des 10 antara jam 07:00 - 14:00. PT. MU Global alamatnya : Jl. Melawai III No. 19 samping tk. buku Gramedia Blok M Square Blok M Jaksel. Penempatan kerja di 29 ktr cabang se Jabodetabek ( sesuai domisili ) Tulis lamaran : Kpd. Ibu Rxxx SE ( HRD).

Wow !! Dalam beberapa menit saya sudah di terima kerja di 2 tempat hanya modal satu kali kirim SMS doank ?!!  Perasaan kirim REG <spasi> Edan juga gak bakalan secepat ini deh terimanya. Karena penasaran akhirnya saya Googling dengan keyword "PT. Mitra U Global" dan hasilnya ?.


Dan setelah lebih jauh saya telusuri lagi, makin banyak posting-posting yang mengulas sepak terjang perusahaan ini yang hampir semuanya adalah NEGATIF. Link2 berikut adalah contohnya.


Setelah membaca informasi2 diatas, hati rasanya panas. Sini niat baik2 mau cari kegiatan yang positif, ternyata hampir saja tertipu. Seandainya tidak ada info tersebut, mungkin saja, saya benar2 datang ke kantor mereka dan entah apa yang terjadi. Mungkin saja tidak sampai tertipu materi, tapi paling tidak saya pasti sudah buang-buang waktu, tenaga dan ongkos bensin.
Akhirnya SMS undangan wawancara pertama yaitu dari ibu Hxxx, yang sudah saya terima, saya balas saat itu juga :

SMS saya           : Oww... PT. MU Gombal , perusahaan abal-abal yang kerjanya nipu pelamar, dengan maksa2 beli barang rongsokan dengan harga gila itu khan? Dasar kutu kupret ! nyari makan yang halal napa!!

SMS saya tersebut tidak mendapat balasan apapun dari orang yang saya tuju. Membuktikan bahwa tuduhan saya bener, karena itu dia tidak berani membela diri. Seharusnya dia marah kalau tuduhan saya tidak benar.

Malam harinya saya mendapat sms dari Ibu Rxxx sang 'calon penipu' yang lain yang hari sebelumnya juga saya 'kirimi lamaran' via sms. Berikut bunyi smsnya :

SMS Dia               : Malam, saya Ibu Rxxx mau konfirmasi anda harap hadir besok bertemu langsung hanya dengan ibu Rxxx tidak dengan staf yang lain karena anda di terima dan di prioritaskan utama dari pelamar yang lain. Balas Ibu Rxxx.

Wah keparat !! saya di jadi prioritas utama untuk di tipu rupanya !!! Saya tidak membalas sms tersebut. Sampai dua kali sms yang sama masuk saya masih tidak membalasnya.
Pagi harinya, sms dari nomor yang sama datang lagi dan isinya adalah :

SMS Dia               : Selamat pagi, Posisi sudah sampai mana? Ibu Rxxx, menunggu kehadiran anda pagi ini untuk interview kerja di PT. MU Global, Jl melawai III No. 19, samping gramedia, kantor warna biru ada spanduk PT. Mitra Utama & spanduk Swamitra USP, Jng lupa setibanya di kantor sampaikan dan langsung bertemu itu Rxxx. SE, Thx.

Gile bener ini orang, mau nipu orang semangat luar biasa. Mengalahkan semangat Timnas piala AFF 2010.

Kali ini saya udah jengkel, jadi saya bales sms nya :

SMS Saya              : Posisi di rumah, lagi ngopi sambil browsing, membaca thread2 tentang PT. MU Gombal mukio, yang kerjanya nipu pelamar dengan memaksa membeli barang2 rongsokan. Pt abal-abal yang kantor pusatnya di jl. saharjo kaya sarang hantu, kumuh dan dekil. Jadi jangan harap anda bisa menipu saya, dasar kutu kupret !!

SMS kemarahan saya tersebut juga tidak di balasnya. Sekali lagi semakin menguatkan fakta bahwa dugaan saya adalah benar, bahwa PT tersebut hanyalah sekumpulan orang penipu yang mengorganisasikan diri. 
Sebenernya hati saya merasa jengkel, karena membayangkan pasti di luar sana banyak pelamar2 lain yang mungkin saja jadi korban. Ingin rasanya memberi pelajaran pada penipu2 itu. Tapi ada daya, waktu saya tidak cukup banyak untuk melakukan sendiri. Jadi, yang bisa saya lakukan hanyalah memberikan informasikan semua ini, supaya menjadi perhatian semua pihak yang berkepentingan supaya jangan sampai menjadi korban, lebih-lebih menjadi pelakunya. Tanyakanlah kembali hati nurani anda, apakah anda sudah mencari nafkah dan memberi makan keluarga anda dengan cara yang halal?  Bila belum, segeralah sadar !!

3 comments:

wie kaibi said...

Terimakasih infonya, rencananya saya besok diundang interview ke PT ini di Jl Melawai III, tetapi sedikit ada keraguan, lalu saya browsing di google, Alhamdulillah dapat info dari anda, thanks a lot

Admin said...

syukurlah kalau informasi ini berguna. Saya memang sangat kesal dengan modus2 seperti ini. Berhati2lah untuk semua yang sedang mencari kerja. Cari info sebanyak2nya sebelum mengambil keputusan. Mudah2an informasi ini bisa menyelamatkan lebih banyak orang lagi.

Anonymous said...

laporin polisi aja mas/mbak.